10 Negara Muslim dengan Populasi Terbesar di Dunia

10 Negara Muslim dengan Populasi Terbesar di Dunia



Islam adalah salah satu agama yang mempunyai umat terbesar saat ini, berbeda di setiap negara jumlah penduduk muslimnya juga beragam. Tahukah Anda? Negara-negara dengan populasi muslim terbesar dan terbanyak di dunia? berikut 10 informasi negara muslim dengan jumlah populasi terbanyak yang Tema Seru rangkum dari berbagai sumber.


1. Indonesia


Negara di Asia Tenggara ini disebut juga sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi di Dunia. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari 205 juta penduduk Indonesia. Negara ini juga merupakan urutan teratas dalam jumlah penduduk muslim dunia.

2. Pakistan


Muslim di Pakistan menguasai sekitar 11 persen dari total populasi Muslim dunia. Namun pada 2010, jumlah Muslim di Pakistan yang terus meningkat menjadi 178 juta orang dengan persentase penduduk muslimnya yaitu sekitar 96% dari total seluruh penduduknya.

3. India


India memiliki lebih dari 100 juta Muslim. Pada tahun 2010, India penduduk muslimnya sekitar 10,9 % muslim namun sekarang India terus naik menjadi 14,6% dari total keseluruhan 177 juta penduduknya tersebut.

4. Bangladesh


Bangladesh memiliki total 9,2 persen Muslim. Tapi siapa menyangka kini persentase itu meningkat pesat ke 90,4 persen. Diperkirakan 149 juta Muslim di Bangladesh pada 2010. Islam datang ke wilayah Bangladesh sejak abad ke-13, terutama oleh kedatangan para pedagang Arab, Persia Saints dan penaklukan daerah.

5. Mesir


Negara yang terletak di sudut timur laut Afrika ini memiliki hingga 80 juta Muslim, yang membuatnya 4,9 persen dari populasi Muslim dunia. Mesir memiliki 94,7 persen warga Muslim dari seluruh populasi penduduknya. Islam menyentuh wilayah Mesir pada 628 Masehi. Ketika itu Rasulullah mengirim surat pada Gubernur Mukaukis (pada saat itu Mesir berada di bawah kekuasaan Romawi) mengajak masuk Islam.

6. Nigeria


Siapa yang menduga bahwa negara yang terletak di wilayah Afrika Barat menjadi pemilik urutan keenam. Menurut statistik, persentase Muslim di Nigeria sampai dengan 4,7 persen populasi muslim dunia. 76 Juta penduduk memeluk Islam di Nigeria. Di samping melakukan perdagangan, para pedagang Muslim juga memperkenalkan tujuan utama ajaran Islam di Nigeria, yaitu mengembangkan perdamaian, kesejahteraan dan keadilan.

7. Iran


Negara yang terletak di Asia Barat ini memiliki persentase 99,6 persen Muslim. Ada sekitar 76 juta Muslim di Iran, atau 4,6 persen dari populasi Muslim di dunia. Iran sebelum menganal Islam berada dibawah kekaisaran Persia. Kemudian Persia bergabung menjadi sebagian awal khilafah Islam

8. Turki


Turki, produk Kekaisaran Ottoman yang terletak di kawasan Asia Barat dan Eropa Tenggara ini mayoritas Muslim dengan persentase 98,6 persen dari jumlah penduduknya. 76 juta Turki adalah Muslim, sehingga menyumbang 4,6 persen dari total penduduk Muslim dunia.

9. Algeria


Islam pertama kali dibawa ke Aljazair (Algeria) oleh Bani Umayyah. Tidak banyak yang tahu bahwa negara yang terletak di Afrika Utara di pantai Mediterania ini memiliki total 38 juta Muslim dengan persentase 98,2 persen dari total penduduk di negara Algeria.

10. Maroko


Maroko terletak di Afrika Utara memiliki populasi Muslim berjumlah 32 juta jiwa. Maroko 99,9 persen Muslim. Maroko juga menyumbang sekitar 2 persen dari total penduduk Muslim dunia.


Sekian informasi 10 Negara Muslim dengan Populasi Terbesar di Dunia
Semoga Bermanfaat
Previous
This is the oldest page

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment