Penampakan 'Tsunami Awan' di Australia

Penampakan 'Tsunami Awan' di Australia



Sebuah penampakan misterius 'Awan Tsunami' muncul Australia, banyak pula yang bingung akan penampakan awan tersebut. Tapi, banyak juga yang mengaggapnya sebagai fenomena alam yang menakjubkan.


"Shelf Cloud" sebenarnya adalah sebuah fenomena awan rendah arcus, membentuk di dasar dari awan lain, seperti awan badai dalam kasus ini. Ketika hujan datang mengarah vertikal ke bawah maka hujan tersebut akan membawa awan bersamanya yang menyebar di permukaan sehingga akan menghasilkan bagian tepi terdepan yang biasa disebut embusan awan depan. Aliran keluar tersebut akan memotong pada bagian dasar udara hangat yang ditarik ke atas badai. Sehingga pada saat udara dingin lebih rendah, maka akan mengangkat udara lembab yang hangat dan uapan embun, hal itu juga membuat awan tergulung oleh angin yang berbeda antara bagian atas dan bagian bawahnya.


The Australian Bureau of Meteorology memperingatkan warganya bahwa tsunami awan ini akan mencapai daratan sore hari pada waktu itu. Warga juga diperingatkan bahwa akan datang hujan es besar, hujan deras, dan angin yang mungkin merusak dan diminta untuk menjauhi segala jenis perangkat listrik, pepohonan dan saluran air. Namun peringatan itu ternyata diabaikan, dan banyak warga lebih memilih untuk keluar mengabadikan moment tersebut.
"Orang-orang berada di jalan-jalan untuk merekam dan mengabadikan pembentukan awan yang luar biasa ini," ujar saksi mata CNN.


Di saat yang bersamaan hujan deras juga tercatat di seluruh kota. Yang paling parah terjadi di daerah pantai utara pinggiran Mona Vale, Australia dengan curah hujan mencapai 27 mm tidak berhenti selama tiga jam.
Badai itu juga saat itu tengah dikabarkan sedang menuju ke Sydney, badai yang terbentuk karena cuaca ekstrim ini, membuat banyak perahu dan kapal kembali ke pantai.



Untuk lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini:


Previous
Next Post »
Thanks for your comment