Tuesday, December 15, 2015

Alasan Bulan Tampak Lebih Besar di Cakrawala



Jikalau Anda pernah melihat penampakan Bulan terbit di atas cakrawala, maka akan tampak begitu besar dan megah seakan-akan Anda merasa seperti Anda bisa jatuh tepat ke dalamnya, maka sebenarnya Anda telah menjadi korban dari Ilusi bulan atau Moon Illusion yang terkenal itu. Dan itu merupakan ilusi, yang pervasif dan persuasif yang sebenarnya kita lihat.
Jadi, bagaimanakah sebenarnya hal itu dapat terjadi? Pertanyaan yang bagus …
Seperti yang dilansir dari Verses Of Universe, Hal itu adalah salah satu ilusi terkenal yaitu Ilusi Ponzo. Jika Anda sudah pernah melihatnya: kasus yang paling sederhana adalah ketika ada dua garis horizontal, satu di atas yang lainnya, berada diantara dua garis miring vertikal yang berdekatan. Nah, pada garis horisontal bagian atas ini jelas akan terlihat lebih panjang dari garis yang berada di bawah, meskipun mereka sebenarnya memiliki panjang yang sama.


Ilusi bekerja karena sistem otak kita sedikit “aneh”. Garis miring membuat kita berpikir bahwa apa pun di dekat bagian atas berarti lebih jauh, garis vertikal miring ini akan memaksa otak kita untuk berpikir bahwa garis ini sebenarnya sejajar tapi terlihat mendekat di kejauhan (seperti rel kereta api). Dua garis horizontal secara fisik sama panjang, namun otak kita akan berpikir yang diatas adalah yang lebih jauh. Jika itu yang lebih jauh, maka garis yang diatas haruslah lebih besar daripada yang dibawah. Jadi, kita akan merasa seperti itu.

Ilusi Ponzo

Dan dibawah ini contoh sebuah karya foto yang indah dari ilusi Ponzo:


Dalam foto diatas ini Anda akan melihat bahwa garis merah vertikal yang di sebelah kanan jauh lebih panjang daripada yang di sebelah kiri, bukan? Tampaknya garis yang sebelah kanan hampir dua kali lebih panjang. Ini adalah persepsi yang sangat kuat.
Tapi sebenarnya TIDAK! Jika anda tidak percaya, potonglah foto pada dua garis merah dan tempatkan mereka secara berdampingan, maka dua garis merah itu seharusnya persis sama panjang.


foto setelah dipotong dan didampingkan

Contoh diatas itu adalah contoh yang sangat bagus karena dengan menggunakan gambar dalam kehidupan nyata (foto). Anda dapat melihat ubin dinding yang semakin mengecil terhadap jarak, dan tata letak horizontal mereka, lengkap dengan garis antara mereka, memaksa otak Anda untuk melihat garis di sebelah kanan sebagai yang lebih jauh. Inilah ilusi Ponzo!.
Ilusi ini sebenarnya sering terjadi … termasuk ketika Bulan atau Matahari sedang terbit dan terbenam. Ilusi bulan ini sebagian karena efek yang sama, tetapi diperlukan juga pemahaman Anda tentang bagaimana kita memandang/ menggambarkan langit.
Jika ditanyakan apa bentuk langit di atas kepala Anda, Anda mungkin akan menjawab “Hemisphere (setengah bola)”. Namun pada kenyataannya, hampir semua orang merasakan bahwa langit itu adalah sebuah mangkuk terbalik, yang rata atasnya. Jika langit itu separuh bola di atas Anda, Anda akan mengatakan bahwa cakrawala sama jauhnya dengan zenit. Namun pada kenyataannya kebanyakan orang menganggap cakrawala lah yang lebih jauh daripada titik lurus di atas kepala mereka. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, bayangkan saat langit berawan. Awan di atas kepala Anda mungkin dua atau tiga kilometer jauhnya, tapi jika awan berada di cakrawala, mereka seperti 100 kilometer jauhnya dari Anda!
Jadi saat Bulan berada di cakrawala, otak Anda berpikir bulan itu jauh, lebih jauh daripada ketika bulan berada diatas kepala Anda. Ilusi Ponzo terjadi: otak Anda akan melihat Bulan menjadi lebih besar, dan sepertinya Anda juga bisa jatuh ke dalamnya. Ilusion ini juga berlaku untuk melihat Matahari. Bahkan, beberapa orang pernah melihat konstelasi Orion pada saat terbit dan tampak seperti tersebar di setengah langit. Ini adalah ilusi yang sangat kuat.
Anehnya, ketika bulan di cakrawala, Bulan sebenarnya lebih jauh dari kita daripada saat dia berada diatas kepala kita. Memang selisihnya tidak begitu besar, hanya beberapa ribu kilometer (dibandingkan dengan jarak keseluruhan Bulan yang sekitar 400.000 kilometer). Lihatlah keahlian photoshop yang ada dibawah ini:



Orang yang berada di atas bola Bumi di dalam gambar melihat Bulan di cakrawala, dan orang yang berada di sisi bumi melihatnya diatas kepala. Disini kita dapat melihat bahwa kelihatan jarak yang tidak sama: Bulan lebih dekat kepada orang yang melihatnya diatas kepala. Ini bukanlah ilusi.
Jadi itulah ilusi bulan. Bukan atmosfer yang bertindak seperti lensa, atau obyek yang ada didepan bulan yang membuat bulan terlihat lebih besar karena perbandingan. Ini hanya cara kita melihat bagaimana bentuk langit bersama-sama dengan Ilusion Ponzo yang terkenal.

"Temaseru adalah pusat Teknologi dan Informasi."

Comments


EmoticonEmoticon