Pengaruh Google Plus Terhadap Author Rank Blog

Pengaruh Google Plus Terhadap Author Rank Blog


Google Plus Mempengaruhi Page Rank, Benarkah?

Social media dewasa ini sangat berperan vital dalam kehidupan sehari-hari baik hal itu dalam hal pertemanan, percintaan atau bahkan sampai ke hal bisnis sekalipun. Saat ini ada dua website sosial media yang paling populer di dunia yaitu Facebook dan Twitter, namun melihat hal tersebut Google pun juga tidak mau ketinggalan, Google juga meluncurkan sosial media bernama Google Plus One. Awalnya orang-orang belumlah melirik Google Plus One karena saat itu Google Plus One merupakan masih barang baru dan serta juga fitur-fitur dan tampilannya juga masih tidak begitu terlalu menarik, lagipula banyak orang sudah terlanjur jatuh hati dengan Facebook & Twitter. Namun Google tampaknya terus membuat kemajuan Google+ dengan perkembangan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Plus One akhirnya mulailah banyak orang menggunakan Google+ bahkan saat ini Google+ ramai digunakan dengan tujuan komersil.








Penggunaan dari sosmed Google Plus One pun trus meningkat tajam terutama untuk menjalankan bisnis online dan juga melakukan berbagai strategi pemasaran dengan pengoptimasian pada mesin pencari Google atau biasa kita sebut dengan istilah yaitu search engine optimization. Ternyata Google Plus One juga dapat memberikan suatu kontribusi yang positif dalam meningkatkan peringkat pada hasil pencarian Google (SERP = Search Engine Result Page).

Lantas Bagaimanakah Cara Kerjanya?

Sistem Algoritma Google kali ini memperkenalkan suatu istilah baru yaitu Author Rank, yaitu sistem penilaian terhadap penulis blog tentang artikel yang di buatnya dan diterbitkan pada blog-blog. Sistem penilaian Author Rank untuk saat ini (karena standar algoritma Google selalu berubah-ubah) dilihat dari macam-macam kuantitas dan juga kualitas dari tulisan yang di tulisnya. Seberapa sering ia mengupdate posting, seberapa baguskah artikel-artikel yang ditulis olehnya dan berapa jumlah orang yang merekomendasikan artikel-artikelnya tersebut. Dengan kata lain Author Rank ini hampir mirip dengan Page Rank dari halaman website, hanya saja Author Rank ini adalah suatu penilaian dari Google terhadap personal ataupun pribadi orang tertentu dan sedangkan Page Rank adalah penilaian untuk suatu halaman web/blog.

Agar Google dapat memberikan penilaian untuk Author Rank, langkah pertama yang harus di lakukan adalah kita harus menghubungkan akun Google Plus One dengan blog yang kita miliki, jika blog Anda dan juga akun Google Plus One Anda sudah terkoneksi maka langkah selanjutnya jika Anda memposting artikel pada bloga Anda, berikutnya jika artikel Anda sudah  mendapat/terindeks oleh Google maka profil Google Plus One kita akan ikut muncul juga pada halaman dari hasil pencarian di Google.

Jika Blog anda menggunakan/dibuat dari blogger.com (blogspot) maka cara untuk menghubungkan blog blogger anda dengan akun Google Plus One Anda sangatlah mudah, pada bagian setting dari blogspot akan anda temukan link yang menghubungkan dengan akun Google Plus One milik anda. Akan tetapi jika Anda menggunakan/dibuat dari wordpress.com anda tinggal memasukkan url pada profil Google+ anda pada bagian profile di bagian dashboard ada wp-admin Anda.

Bagaimana Cara Google Plus Mempengaruhi Hasil Pencaharian Search Engine?

Jika akun Blogger sudah terhubung dengan Google Plus One maka setiap kali anda memposting artikel, Google Plus One dengan otomatis memberitakan bahwa artikel yang baru saja anda posting tersebut pada blog Anda, jika tidak muncul lihat di pengaturan blog Anda. Untuk yang menggunakan domain WordPress ada baiknya juga anda menginstal plugin yang dapat mengklik +1 yang pada halaman artikel postingan blog Anda.




Jika banyak yang memberi/mengklik tanda +1 atau bisa juga diartikan sebagai rekomendasi oleh orang lain maka hai itu akan membuat banyak peluang agar tampil pada halaman pertama di Google atau bahkan pada urutan teratas dihasil pencarian Google.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment