Inilah Pohon-Pohon Ter- di Dunia

Inilah Pohon-Pohon Ter- di Dunia


Pohon merupakan suatu alasan manusia dapat hidup saat ini. Karena, pohon adalah penghasil udara bagi bumi, ibaratnya itu pohon adalah paru-paru Bumi. Tanpa adanya pohon bumi kita akan gersang seperti lahan tandus tidak berpenghuni. Berikut ini merupakan beberapa pohon yang ter- di bumi kita seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, simak selengkapnya.

Old Tjikko – Pohon Tertua di Dunia (9.550 Tahun)

Pohon klonal individu tertua di bumi ini diyakini berusia sekitar 9.550 tahun (tanggal-karbon)! Norway Spruce ini berada di Gunung Fulufjället di Swedia dan ditemukan seorang profesor Geografi Fisik, Leif Kullman. Pohon ini diberi nama “Old Tjikko” karena diambil dari nama anjingnya.

Old Tjikko, Pohon tertua di dunia diyakini berusia 9.550 tahun!

pohon setinggi 5 meter tersebut mungkin tidak akan membuat Anda mengira pohon itu sebagai organisme hidup tertua, tetapi jangan biarkan ukurannya yang biasa saja membodohi Anda! Hampir selama ribuan tahun pohon ini berhasil beradaptasi terhadap setiap perubahan iklim yang terjadi di daerah di mana ia berada.
Para ilmuwan juga telah menemukan beberapa pohon lain di sekitar pohon tersebut berada, semua berusia kurang lebih sekitar 8.000 tahun! 

Hyperion – Pohon Tertinggi di Dunia (115,6 meters/379 ‘4 “)
Hyperion telah ditemukan pada tanggal 25 Agustus di 2006 oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor di daerah yang sangat terpencil di California. Pohon ini diyakini berusia sekitar 700-800 tahun. Penjelajah mengatakan bahwa pohon bisa saja lebih tinggi dari pada  380, tapi karena kerusakan yang dilakukan oleh burung pelatuk pada bagian paling atas, akhirnya tinggi pohon ini saat diukur hanya 379 ‘4 “.

Hyperion pohon dibandingkan dengan Patung Liberty dan Big Ben

General Sherman – Pohon Terbesar di Dunia dalam Volume
Meskipun ada lebih banyak pohon lain yang lebih tinggi dan lebih luas di pangkal mereka, mereka bukan tandingan dari pohon Jenderal Sherman yang terkenal ini. Pohon ini mengungguli segala yang hidup di planet ini dengan volumenya (termasuk cabang) dan dianggap sebagai organisme hidup terbesar di planet ini.
Perkiraan usia pohon ini adalah sekitar 2,300-2,700 tahun.




Pohon Arbol del Tule – Batang Pohon Terlebar di Dunia
El arbol del Tule (Pohon Tule) adalah jenis pohon cypress terletak di bagian pusat kota Santa María del Tule di negara bagian Meksiko, Oaxaca. Kota ini sebenarnya diberi nama oleh nama pohon Tule ini!


Usianya sekitar 1.400 tahun (beberapa sumber mengatakan usianya lebih dari 2.000), pohon ini diyakini memiliki batang pohon terluas di dunia, dengan diameternya 11,62 m (38,1 ft). Ada spekulasi mengenai apakah batang pohon tersebut itu terdiri dari beberapa pohon, namun setelah dilakukan pemeriksaan DNA, ditetapkan bahwa ini memang  hanya ada satu pohon.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment