Bukit Pasir yang Bisa Berjalan Sendiri di Eropa

Bukit Pasir yang Bisa Berjalan Sendiri di Eropa

Great Dune of Pyla berada sekitar 60 km dari Bordeaux di teluk Arcachon, Prancis,terkenal sebagai bukit pasir paling tinggi di Eropa. Nama lain atau julukan dari tempat tersebut adalah Great Dune of Pilat. Bukit pasir ini memiliki lebar sekitar 500 meter, panjangnya 3 km dan tingginya 107 meter dengan ukuran di atas permukaan laut. Karena keindahannya tempat ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan, setidaknya ada satu juta pengunjung pertahun.

Yang menjadikan keunikan bukit ini adalah karena bukit pasir itu ternyata terus melakukan pergerakan. Terkadang bukit tersebut dapat dengan cepat hingga 10 meter per tahun dan terkadang juga sangat lambat yaitu kurang dari satu meter pertahun

Selama 57 tahun terakhir, bukit pasir itu telah bergerak sejauh 280 meter, yang berarti mengalami perpindahan tahunan sebesar 4,9 meter per tahun.

Hal yang menyebabkan kenapa bukit pasir bergerak ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, sehubungan dengan tiupan angin maritim yang mendongkrak mobilitas Great Dune of Pyla. Untuk wisatawan yang suka petualangan, jika Anda naik naik ke bagian atas bukit pasir iniAnda dapat menemukan keindahan pesisir pantai dan pohon-pohon pinus di daerah tersebut. Hmm berminat mengunjunginya?
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment