Tuesday, November 10, 2015

Pengertian Globalisasi dan Ciri-Cirinya



Globalisasi adalah suatu proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek lainnya.
Di bidang ekonomi, era globalisasi ini memberikan dampak yang begitu luar biasa bagi Indonesia. Terutama dalam hal ekspor dan impor, Indonesia bisa mengekspor produk-produk ke luar negeri untuk dijadikan devisa negara dan mengimpor produk-produk luar negeri untuk keperluan didalam negeri. Globalisasi juga bisa memperlancar arus modal investasi yang masuk kedalam negeri yang digunakan untuk pembangunan negara.
Pada sisi lainnya globalisasi memungkinkan perusahaan-perusahaan Indonesia menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing untuk memperluas pasar dan tentunya ini merupakan prospek yang baik terutama untuk peningkatan PDB Indonesia. Selain itu globalisasi juga diharapkan bisa meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar semakin cerdas, terampil, dan memiliki daya saing di tingkat dunia.


1. Kemajuan Dalam Bidang Pengetahun dan Teknologi.  
Tak bisa di pungkiri lagi bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor yang mendorong terjadinya globalisasi. Kita mengetahui bahwasannya dalam beberapa dekade belakangan ini terjadi perkembangan pesat dalam hal berkomunikasi sehingga seseorang akan dengan mudah berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain walaupun dengan jarak yang jauh.

2. Kerjasama atau Hubungan Antar Negara
Satu lagi faktor yang tidak kalah pentingnya yang membuat terciptanya globalisasi adalah kerjasama atau hubungan antara negara yang satu dengan negara lainnya. Misalnya saja Indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik itu hubungan bilateral, multilateral, maupun internasional. Tentunya globalisasi semakin mempermudah suatu negara bekerjasama dengan negara lain.
3. Sistem Perekonomian Negara yang Terbuka.
Pada saat ini sistem ekonomi negara yang di anut mayoritas adalah sistem ekonomi terbuka sehingga negara yang satu mengadakan kerjasama dengan negara yang lain dalam berbagai bidang misalnya saja ekonomi. Kerjasama seperti ekspor-impor dan perdagangan bebas merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang bisa mendorong globalisasi.

4. Adanya Perdagangan Bebas
Hadirnya perdagangan bebas merupakan hal-hal yang bisa menguatkan terjadinya globalisasi di dunia saat ini. Tentunya fenomena ini bisa terjadi karena mayoritas negara-negara yang ada saat ini menerapkan sistem ekonomi yan terbuka dimana setiap negara bisa bekerjasama dengan negara lainnya. Dan tentunya Indonesia pun melakuan hal ini dengan negara lainnya.

5. Kemajuan Dalam Bidang Transportasi.
Perkembangan dalam sistem transportasi dunia ini yang membuat globalisasi semakin terasa. Dahulu dari satu tempat ke tempat yang lain membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanan karena hanya dengan kendaraan berupa hewan tunggangan seperti kuda, onta, keledai, dan lainnya. Namun saat ini ada kendaraan yang cepat seperti pesawat terbang dan kereta api super cepat.

6. Sistem Keuangan Internasional yang Liberal  
Anda harus mengtahui bahwa salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa mendorong terjadinya globalisasi didunia ini adalah liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara bahkan mungkin setiap negara memiliki ketergantungan dengan sistem keuangan global yang ada. Salah satunya Indonesia yang membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain.
7. Kemudahaan Dalam Bermigrasi
Saat ini semakin banyak orang yang bermigrasi atau berpindah dari satu negara ke negara lain dengan berbagai macam tujuan misalnya saja untuk bekerja, menuntut ilmu, wisata, dan berbagai macam keperluan lainnya. Hal ini yang membuat orang-orang yang ada dalam suatu daerah sudah terbiasa dengan orang-orang pendatang yang datang dari daerah lainnya misalnya Bali dengan turis-turis internasionalnya.
 
Ciri-Ciri Globalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya keterbukaan di berbagai bidang
    Keterbukaan di berbagai bidang di era globalisasi saat ini, tidak terlepas dari adanya kemajuan dalam berbagai bidang komunikasi dan informasi.  Globalisasi memang identik dengan era keterbukaan. Melalui berbagai macam media massa, kejadian atau peristiwa sekecil apapun bisa diketahui sampai ke ujung dunia, karena kecanggihan teknologi. 
    Pada era keterbukaan ini juga ditandai dengan adanya kebebasan dalam mengungkapkan pikiran dan argumentasi baik lisan maupun tulisan. Setiap orang memiliki kebebasan dan bisa melakukan apapun sesuai apa yang diinginkannya serta menyampaikan rasa ketidakpuasan atas segala kebijakan yang ada. Semua itu terjadi tidak lain karena kecanggihan teknologi sehingga keterbukaan di berbagai sektor bidang tidak dibatasi lagi.
      
  2. Meningkatnya ketergantungan ekonomi antarbangsa
    Pengaruh globalisasi dalam sektor ekonomi mencakup beberapa bidang, diantaranya yaitu tenaga kerja, bidang pembiayaan, perdagangan dan jaringan informasi. Globalisasi ekonomi disebut juga dengan era pasar bebas. Dalam globalisasi ekonomi, perdagangan tidak hanya antar wilayah, antar provinsi akan tetapi perdagangan internasionalpun semakin meningkat. Jadi, dalam memenuhi kebutuhannya, tidak mesti suatu negara memproduksi sendiri segala kebutuhannya, tetapi bisa melalui negara lain dengan pemilihan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dalam kegiatan ekonomi tidak terbatas pada skala nasional, akan tetapi internasional atau skala global.
  3. Meningkatnya interaksi budaya antarbangsa
    Adanya globalisasi juga mampu meningkatkan hubungan kultur antarbangsa. Melalui adanya perkembangan pesat dari media massa seperti handphone, televisi, majalah, koran, internet, media massa dsb. Kita akan lebih mengenal tentang budaya suatu negara, misalnya seperti film, musik yang banyak diminati dari kalangan anak-anak sampai yang dewasa, fashion, gaya hidup dan kebiasaan mereka, dengan media-media tersebut tentu secara tidak sadar kita lebih mengenal tentang suatu budaya dari suatu negara di berbagai belahan dunia. Pada saat ini aktivitas berskala internasional semakin banyak dan sering dilaksanakan seperti piala dunia, kegiatan pariwisata, dan bahkan sampai perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain sering dilakukan di berbagai negara. 

"Temaseru adalah pusat Teknologi dan Informasi."

1 comment:


EmoticonEmoticon