Kalimat Penuh Motivasi dari Luqman Kepada Anaknya

Kalimat Penuh Motivasi dari Luqman Kepada Anaknya



Sebagai orang tua yang bijak cobalah ajari anak - anak Anda sejak masih kecil dengan hal-hal yang baik agar dikemudian hari anak Anda akan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua dan tidak pula menyusahkan orang tua. Jangan pula kita biarkan mereka mempelajari hal-hal yang buruk apalagi malah kita yang mengajarkannya. Mungkin kita bisa saja memulainya dengan menceritakan kisah-kisah para nabi dan rasul serta para sahabat. Dengan begitu semoga bisa menjadi suatu motivasi baginya untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Berikut ini merupakan kisah yang mungkin cocok untuk Anda ceritakan untuk menjadi motivasi bagi anak-anak Anda. 

 
"Anakku, jika makanan telah memadati perutmu, maka akan matilah pikiran dan juga kebijaksanaanmu. Seluruh anggota tubuhmu akan malas untuk mengerjakan ibadah, dan hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati. Padahal hanya dengan hati bersih manusia dapat menikmati lezatnya berdzikir."

"Anakku, jikalau semenjak kecil engkau rajin belajar dan menuntut ilmu. Maka dewasa kelak engkau akan memetik buahnya dan menikmatinya."

"Anakku, ikutlah engkau kepada orang-orang yang sedang menggotong jenazah, jangan engkau ikut orang-orang yang hendak pergi ke pesta pernikahan. Karena jenazah akan mengingatkan engkau kepada kehidupan yang akan datang. Sedangkan pesta pernikahan akan membangunkan nafsu duniamu."

"Anakku, aku sudah pernah memikul batu-batu besar, aku juga sudah pernah mengangkat besi-besi berat. Tapi belum pernah kurasakan sesuatu yang lebih berat daripada tangan yang buruk perangainya."
"Anakku, aku belum merasakan semua benda yang pahit. Tapi tidak pernah kurasakan ada yang lebih pahit dari kemiskinan dan kehinaan."

"Anakku, aku telah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan. Tetapi aku belum pernah merasakan penderitaan yang lebih susah daripada menanggung hutang."

"Anakku, sepanjang hidupku aku terus berpegang kepada delapan wasiat para nabi. Kalimat itu ialah:

1. Jika engkau beribadah pada Allah, jagalah pikiranmu baik-baik.
2. Jika engkau berada di rumah orang lain, maka jagalah pandanganmu.
3. Jika engkau berada di tengah-tengah majelis, jagalah lidahmu.
4. Jika engkau hadir dalam jamuan makan, jagalah perangaimu.
5. Ingatlah Allah selalu.
6. Ingatlah maut yang akan menjemputmu
7. Lupakanlah budi baik yang kau kerjakan pada orang lain.
8. Lupakanlah semua kesalahan orang lain terhadapmu."

Nah, buat para orang tua apakah kita sudah mengajarkan anak kita kalimat di atas? jikalau belum mulailah dari sekarang untuk mengajarkannya semoga saja akan menjadi motivasi hidupnya untuk berakhlak yang baik, tunjukanlah kasih sayang Anda sebagai orang tua kepada anak dengan mengajarkannya kalimat-kalimat penuh inspirasi, dan kelak Anda juga yang akan memperoleh hasilnya.
 
Baca juga disini
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment