Terungkap, Alasan Ada Lubang Kecil di Jendela Pesawat

Terungkap, Alasan Ada Lubang Kecil di Jendela Pesawat

 





Namanya adalah lubang nafas atau breather hole. Walau kecil, tapi lubang ini sangat berperan penting untuk alasan keamanan penerbangan pesawat.
Jika kamu teliti lebih lanjut memperhatikan jendela pesawat secara dekat, kamu bisa melihat 3 panel yang terbuat dari bahan akrilik. Tujuan dari panel terdalam, yang biasa disebut panel gores, berfungsi untuk melindungi panel selanjutnya.
Panel tengah (yang punya lubang nafas) dan panel luar fungsinya jauh lebih penting. Karena ketika pesawat menanjak naik, tekanan udara turun di kabin pesawat dan di udara luar, tapi jauh lebih banyak di luar. Sistem pesawat pun membuat tekanan kabin pada level yang nyaman dan aman. Ini berarti, tekanan di dalam pesawat selama penerbangan biasanya jauh lebih besar dari tekanan di luar pesawat.
Dan dua panel di luar jendela pesawat dirancang untuk menyimpan perbedaan tekanan antara kabin dan udara luar. Panel tengah dan panel luar punya cukup kekuatan untuk menahan perbedaan tekanan udara ini, tapi dalam keadaan normal, panel luar lah yang paling mampu menahan tekanan udara, berkat lubang nafas kecil ini.
Lubang nafas ini juga menghangatkan udara di antara panel-panel untuk menjaga udara dingin di luar panel tidak masuk ke dalam kabin pesawat, dan juga supaya jendelanya pun tidak mengembun. Jadi kalau kamu melihat keluar dan masih bisa melihat awan dan benda di langit lain atau benda-benda di bawahmu, berterima kasihlah pada lubang kecil ini ya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment