Tuesday, November 17, 2015

Hal yang Tidak Kamu Sadari Saat Berbohong



Berkata bohong merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia. Secara naluri, sebenarnya kamu bisa mengetahui apakah seseorang berbohong pada kamu atau tidak. Tapi terkadang, kamu juga tidak bisa membedakan ketika seseorang sedang berkata jujur. Hal ini disebabkan bahwa meskipun kamu tahu bahwa kamu dibohongi, namun pikiran bawah sadar kamu akan menjadi bingung. Berikut ini hal yang tidak kamu sadari saat kamu mulai berbohong.

1. Menutupi wajah mereka
Saat seseorang berbohong, maka akan secara alami mereka melakukan gerakan untuk menutupi wajah. Jika mereka tahu bahwa mereka berbohong maka mereka akan mencoba menutupi mata atau wajah mereka.

2. Tiba-tiba berhenti saat bicara
Ketika kamu memberikan pertanyaan pada seseorang dan mereka tidak berbohong, maka mereka akan dengan lancar menjawab pertanyaan kamu sebab mereka mengatakan yang sebenarnya tanpan terbata-bata satu kata pun.
Namun, ketika seseorang berbohong pada kamu mereka pasti akan berhenti di tengah-tengah bicara. Hal ini dilakukan karena mereka membutuhkan waktu untuk berpikir tentang jawaban apa yang baru saja mereka berikan.

3. Berdeham
Tingkat kecemasan yang ada di dalam tubuh seseorang biasanya akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Jika seseorang berdeham sebelum menjawab pertanyaan, maka akan besar kemungkinan mereka sedang berbohong.

4. Gelisah
Saat berbohong, maka tingkat kecemasan dan sistem saraf tubuh seseorang akan menegang. Darah akan mengalir deras di dalam wajah dan telinga mereka. Hal ini akan menyebabkan gerakan gelisah seperti menggigit bibir, berkedip dengan cepat, atau meremas tangan.

5. Tidak konsisten
Berbohong akan membuat seseorang menjadi sulit untuk konsisten. Mereka yang cenderung membuat banyak kesalahan, lupa akan rincian jawaban mereka, dan bisa tersandung dengan kata-kata mereka sendiri.

6. Mengangguk secara tidak sadar
Ketika seseorang berbohong, maka akan terjadi ketidaksinambungan antara perilaku verbal dan non-verbal mereka. Hal ini terjadi karena tubuh secara tidak sadar akan mencocokkan dengan apa yang kamu katakan. Sehingga walaupun ditutupi, bahasa tubuh tidak akan mampu menutupi kebohongan yang dilakukan.

7. Menggerak-gerakan kaki
Salah satu gerakan tubuh yang biasanya terjadi saat orang berbohong adalah mereka cenderung menggerak-gerakkan kaki mereka. Ini karena mereka ingin segera keluar dari situasi yang menghimpit mereka.

8. Mengulangi ucapan yang sama
Orang yang berbohong biasanya mengulang ucapannya. Hal ini mereka lakukan untuk meyakinkan diri mereka dan orang lain agar percaya apa yang mereka katakan.

9. Menjadi kaku dan salah tingkah
Selain menjadi gelisah, orang yang berbohong biasanya tubuhnya akan kaku. Hal ini terjadi karena secara alamiah tubuh akan mempersiapkan diri untuk berkonfrontasi.

10. Memegang rambut
Isyarat lain yang biasanya dilakukan seseorang saat berbohong adalah memegang rambut atau melakukan hal kecil yang dianggap tidak penting seperti merapikan rambut dan baju mereka.

11. Meletakan tangan di depan mulut
Kebiasaan ini kerap kali dilakukan karena seseorang yang berbohong secara tidak sadar melakukannya. Mereka sendiri sebenarnya tidak yakin dengan apa yang mereka bilang.

"Temaseru adalah pusat Teknologi dan Informasi."

Comments


EmoticonEmoticon