Planet Ini Ternyata Adalah Sepupu Bumi

Planet Ini Ternyata Adalah Sepupu Bumi

Selama ini para ilmuan terus berusaha mencari planet yang menyerupai bumi, dimana ada air cair dipermukaan, dengan kata lain berarti menemukan bumi yang lain. Salah satu tujuan terbesar dalam mencari eksoplanet "dunia alien" adalah menemukan planet yang kurang lebih seukuran Bumi yang mengorbit bintangnya dalam "zona layak huni."  
Sejauh ini, banyak planet seperti itu telah telah ditemukan. Semua dari mereka mungkin kurang lebih seperti Bumi, akan tetapi orbit mereka lebih kecil daripada bumi, dan bintang mereka lebih dingin dari Matahari.
Baru-baru ini, para ahli astronomi mengumumkan mereka telah menemukan planet lain di zona layak huni yang bintang-nya: Kepler-452b. Tapi yang satu ini berbeda: Planet ini mengorbit bintang yang kurang lebih seperti Matahari. Dan Bintang serta planet tersebut sekitar 1.400 tahun cahaya jauhnya dari kita.


Ilustrasi kemungkinan penampilan dari planet Kepler-452b

Planet itu ditemukan dengan menggunakan apa yang disebut metode transit, Saat planet mengorbit  pada bintang, dan tepi orbitnya ada pada sudut pandang kita, kita melihat planet melintas langsung di depan bintang sekali per orbit. hal disebut dengan transit, dan planet tersebut memblok sedikit cahaya dari bintang. Kuantitas cahaya yang diblokir tergantung pada ukuran bintang dan ukuran planet. Sebuah planet besar akan memblok lebih banyak cahaya, sedangkan planet kecil akan sedikit memblok cahaya dari bintangnya untuk menuju kearah kita.

Perbandingan Bumi dengan sepupunya, Kepler-452b

Tetapi perlu digaris bawahi bahwa beberapa miliar tahun yang lalu, bintang itu jauh lebih dingin, kurang lebih seperti Matahari sekarang. Itu berarti bahwa dahulu, Kepler-452b pernah mendapatkan jumlah cahaya dan panas yang sama seperti bumi kita.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment