Tips Untuk Bisa Berhenti Merokok

Tips Untuk Bisa Berhenti Merokok



Sebenarnya pada tiap diri seorang pecandu rokok tentu pernah terlintas untuk berhenti mengonsumsinya. Walaupun sulit mereka sebenarnya sadar akan bahaya yang terkandung di dalam rokok tersebut, banyak cara yang telah mereka lakukan mulai dari untuk mengurangi porsi merokoknya dalam sehari hingga menggantinya dengan permen atau sebagainya. Akan tetapi, jika rasa candu itu datang mereka sulit menolak untuk mengonsumsinya bahkan ada yang merasa kepala mereka akan pusing jika berhenti total dalam mengonsumsi rokoknya.


Aktivitas merokok ini telah dikaitkan dengan lebih dari 24 jenis penyakit yang mengancam mereka.
Merokok juga merupakan salah satu penyebab utama sejumlah penyakit seperti stroke, serangan jantung, emfisema, bronkitis kronis, dan berbagai kanker, khususnya untuk kanker paru. Sudah berbagai penyuluhan dan seminar tentang cara untuk berhenti merokokpun telah dilakukan, tapi jumlah perokok juga makin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan rokok di Indonesia saat ini telah menempelkan sejumlah gambar-gambar tentang akibat dari merokok tersebut.
Baiklah langsung saja inilah beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba jika ingin menghilangkan kebiasaan merokok Anda.
  1. Cobalah yakinkan diri Anda bahwa dengan berhenti merokok bukanlah hal yang sia-sia. Buat alasan Anda kenapa harus berhenti merokok serta manfaatnya.

  2. Mempelajari kebiasaan merokok Anda dengan mencari tahu kapan Anda akan mulai merokok buat catatan apa saja hal yang membuat Anda merokok, lalu cobalah untuk menghindari hal tersebut.

  3. Pilihlah hari di saat Anda benar-benar akan berhenti total merokok, setelah Anda membuat rancangan untuk berhentinya. Dan, janganlah menundanya usahakan hari tersebut saat Anda sedang tidak ada beban yang membuat Anda stress.

  4. Cobalah sebelum hari itu tiba untuk menyingkirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok baik asbak, korek api, atau pemantik.

  5. Mencari dukungan moril dari orang-orang terdekat Anda, hal ini bisa menjadi salah satu motivasi Anda kenapa harus berhenti merokok.

  6. Buatlah rencana pada saat Anda ingin berhenti total itu, melakukan kegiatan seperti berpergian ke tempat-tempat yang di larang merokok, atau bisa juga dengan melakukan aktifitas olahraga.

  7. Selama dalam minggu pertama Anda yang sulit, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori, dan perbanyak minum air mineral. Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai cemilan misalnya seledri.

  8. Lawanlah rasa ingin merokok yang selalu menggoda Anda seperti muncul beberapa pemikiran seperti "Saya hanya merokok untuk hari ini saja, besok saya tidak akan mengulanginya lagi","Ada juga kok, perokok berat yang umurnya panjang, tidak apa-apa merokok kan akhirnya saya akan mati juga" tapi Anda harus ingat ’Saya tidak punya kebiasaan buruk lain kecuali merokok!, jika saya berhenti akan banyak manfaat yang saya dapatkan’’

  9. Jika sudah hampir pupus, cobalah untuk menundanya, misalnya katakan pada diri Anda sepuluh menit lagi, setelah itu tunda lagi, sampai hasrat itu padam dan hilang dengan sendirinya.

  10. Tiga bulan pertama itu merupakan masa-masa sulit,jadi cobalah menjaga jarak dengan teman Anda atau para perokok yang bisa saja menggoda Anda untuk merokok.

  11. Jangan tipu diri Anda sendiri bahwa setelah Anda dapat menghilangkan rasa candu, Anda bisa merokok lagi sewaktu-waktu.

  12. Cobalah lawan godaan yang sering muncul seperti "hanya sebatang saja" hal ini akan membuat Anda ingin untuk mencoba sebatang  lagi dan lagi, jangan sampai segala usaha Anda untuk berhenti tersebut semuanya sia-sia.

Jangang pernah takut untuk memulai banyak kok para perokok yang telah berhasil dengan usaha mereka yang gigih dan penuh semangat, Anda juga bisa melakukannya. Jadi, mulailah berhenti sekarang juga.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment