Wednesday, November 18, 2015

Alasan Kenapa Air Laut Asin


Pernahkah Anda bertanya kenapa air laut asin, dari mana rasa asin tersebut? Apakah mungkin karena keringat ikan? Tentu itu adalah jawaban konyol. Kita harus tahu jawabannya secara ilmiah. Semoga artikel ini bisa membahas rasa penasaran soal sumber keasinan air laut.
Air laut memiliki kadar garam dengan rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).
Info yang dikutip dari sayakasihtahu.co walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Ada yang paling tawar adalah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Dan yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai di sana.

Sumber rasa asin

Air laut memiliki kadar garam karena bumi kita dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kalsium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam.

Mengapa air danau tidak asin?

Permukaan air danau itu tidak cukup luas sehinggga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih balance dan sumber mineralnya sangat terbatas berbeda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu di lautan.

"Temaseru adalah pusat Teknologi dan Informasi."

1 comment:


EmoticonEmoticon